Opini Nabila Nurul Alia: Perempuan Harus Terdidik Karena Ia Akan Menjadi Pendidik


Seorang ibu yang sedang mendidik anaknya (pixabay.com)


DIREKTORIJATENG.ID - Perempuan harus memiliki hak sama tingginya dengan laki-laki untuk mencari ilmu. Kalimat pembuka dalam tulisan ini sebenarnya sudah cukup menjelaskan garis besar pembahasan. 

Mengapa harus terdidik? Supaya perempuan lebih cakap melakukan kewajiban yang diserahkan alam kepadanya, yaitu sebagai ibu, pendidik manusia yang pertama. 

Memosisikan perempuan sebagai seseorang yang harus mendapatkan pendidikan tidaklah gampang. Apalagi masih banyak pemikiran mengenai perempuan tidak harus berpendidikan tinggi karena nantinya juga akan menjadi ibu rumah tangga. 

Pemikiran seperti ini seharusnya sudah mulai diubah, Justru karena nantinya akan menjadi seorang ibu, perempuan harus bisa mendapatkan akses pendidikan yang memadai, minimal untuk putra-puti yang mereka lahirkan. 

Mempersiapkan anak untuk menjadi generasi emas dimulai dari sang ibu. Talenta seorang ibu sebagai madrasatul ula untuk anak-anaknya akan menjadi mudah ketika semua perempuan dibebaskan untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. 

Malahan, posisi perempuan dalam rumah tangga merupakan posisi strategis yang harus didukung dengan pendidikan yang layak, kondusif, dan demokratis tanpa diskriminasi. 

Pendidikan yang layak akan mengantarkan perempuan memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan potensi mereka secara penuh. 

Akses tersebut tidak hanya memberi manfaat secara individual, tetapi juga secara sosial dalam memperkaya masyarakat dengan kontribusi yang nantinya dapat perempuan berikan.

Seperti R.A. Kartini yang dulu berteriak lantang untuk memperjuangkan hak perempuan dalam mendapatkan pendidikan, seharusnya kita sebagai perempuan masa kini - Kartini masa kini, juga harus lebih lantang untuk menjadi perempuan yang berpendidikan. 

Dengan pendidikan yang tinggi, tidak lantas menjadikan perempuan menyalahi kodratnya. Justru lewat pendidikan, perempuan dapat menjadi sebaik-baiknya manusia yang tetap bisa menjaga marwah dan martabatnya sebagai wanita. 

Perempuan memiliki ruang gerak yang sama seperti laki-laki dalam mendapatkan pendidikan. 

Perempuan juga bebas mengeksplor kemampuan diri sendiri dengan tidak meninggalkan kewajibannya. 

Perempuan berpendidikan juga akan melahirkan generasi yang terdidik. Oleh karena itu, perempuan harus terdidik karena ia akan menjadi pendidik.


Penulis: Nabila Nurul Alia
Editor: Athiqoh Zakiyah M.

Belum ada Komentar untuk "Opini Nabila Nurul Alia: Perempuan Harus Terdidik Karena Ia Akan Menjadi Pendidik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel