Entri yang Diunggulkan

Opini Ayu Reza: Membahas Patriarki yang Tak Kunjung Usai

Membaca Harus Menjadi Hal yang Biasa-biasa Saja Jika Ingin Indonesia Jadi Lebih Baik

 


Seorang anak yang sedang duduk membaca buku (Pixabay/Pexels)

DIREKTORIJATENG.ID - Mungkin sebagian orang menganggap membaca adalah sebuah keistimewaan, apalagi membaca buku. Sebagian orang mengira bahwa membaca buku merupakan hal yang tidak biasa dan dianggap suci. Padahal selama kita masih bernafas, kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas membaca.

Mengutip tweet dari Wisnu Suryaning Adji, "Membaca harus sewajar makan gorengan di pinggir jalan". Benar sekali, membaca bukan aktivitas yang sakral dan para pembaca buku juga bukan orang yang keren. 

Untuk membangun kebiasaan membaca buku bukanlah hal yang mudah, karena kita harus mengorbankan kesenangan yang terlanjur mendarah daging, seperti sibuk dengan ponsel, scroll medsos, bermain game, nonton tv, dan lain sebagainya.

Lebih dari itu seharusnya kita yang menginginkan Indonesia menjadi lebih baik, perlu meyakini bahwasanya dengan membaca buku maka kita akan menjadi manusia yang berkualitas.

Jika masih beralasan tidak ada waktu untuk membaca buku, maka jadikanlah ia sebagai prioritas. Kita dan manusia yang lainnya mempunyai waktu 24 jam setiap harinya. Kita bukan satu-satunya orang yang sibuk sehingga tidak memiliki sedikit waktu luang untuk membaca buku.

Dengan menjadikannya sebagai prioritas, maka tidak akan pernah ada alasan tidak memiliki waktu yang cukup untuk membaca.

Ingat! 

Sebelum aktivitas membaca dan buku menjadi hal yang biasa-biasa saja, atau dalam artian semua orang rutin membaca buku sehingga kegiatan membaca menjadi sesuatu yang umum dan sangat biasa, maka PR literasi beserta dunia pendidikan di Indonesia masih banyak.

Kita sendiri harus menyadari betul bahwa Indonesia memang banyak tertinggal dengan negara lain, terkhusus tentang kecakapan literasinya. Padahal hal yang paling esensial dalam dunia pendidikan merupakan literasi.

Kecakapan literasi berarti seseorang mampu menangkap informasi serta dapat menganalisis maupun berpikir kritis terhadap informasi yang di tangkap. Semakin banyak bahan bacaan atau literatur yang dibaca maka semakin terbuka pula pemikiran kita. 

Pada perkembangan Ilmu pengetahuan yang pesat seperti sekarang ini, Indonesia sudah semestinya bergerak maju untuk mengejar ketertinggalannya. Demi mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, Indonesia harus meningkatkan daya saing guna menciptakan peradaban yang lebih baik dimasa mendatang.

Dengan kecakapan literasi, maka SDM Indonesia dapat bersaing dengan bangsa lainnya dalam berbagai aspek kehidupan.



Penulis: Diah Ayu Fadilah

Editor : Ma'Unatul Hamidah

Belum ada Komentar untuk "Membaca Harus Menjadi Hal yang Biasa-biasa Saja Jika Ingin Indonesia Jadi Lebih Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel