Entri yang Diunggulkan

Opini Ayu Reza: Membahas Patriarki yang Tak Kunjung Usai

Ini Dia 5 Manfaat Olahraga Lari Secara Rutin Bagi Kesehatan Fisik dan Mental



Seseorang yang sedang lari secara rutin untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan (Pixabay/Roxanawilliams1920)

DIREKTORIJATENG.ID - Lari merupakan salah satu kegiatan olahraga yang simpel, tidak banyak membutuhkan alat, dan juga bisa dilakukan di mana saja. Tak heran jika banyak praktisi kesehatan menganjurkan lari sebagai kegiatan olahraga yang mudah dilakukan secara rutin.

Lari umumnya dilakukan dengan kecepatan sedang atau pelan dengan waktu yang lama. Tempat terbuka seperti taman, lapangan dan area luas lainnya menjadi tempat favorit para pecinta olahraga lari.

Dilansir dari alodokter.com dan hellosehat.com, berikut manfaat lari yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin:

Menurunkan Berat Badan

Manfaat satu ini sudah menjadi rahasia umum. Saat kita berlari, tubuh akan lebih banyak membakar kalori. Dengan melakukan olahraga lari secara rutin, maka pembakaran kalori pun akan meningkat. Dengan demikian, lari secara rutin juga dapat mencegah terjadinya obesitas.

Menjaga Kesehatan Lutut

Anggapan tentang olahraga lari dapat menyebabkan lutut menjadi keropos hanyalah sebuah mitos belaka. Ada penelitian yang mengatakan bahwa lari secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan lutut. Namun, apabila memiliki masalah pada persendian, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menjadikan lari sebagai olahraga pilihan untuk dilakukan secara rutin.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lari merupakan salah satu olahraga yang memberikan keuntungan bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Saat berlari, jantung dan pembuluh darah akan memompa oksigen dan darah ke seluruh tubuh untuk melancarkan aliran darah serta mengoptimalkan kerja otot dan jantung. Jika sirkulasi darah lancar, maka kadar kolesterol jahat akan berkurang dan kadar kolesterol baik meningkat. Dengan begitu, jantung pun akan terjaga kesehatannya.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Rutin berolahraga, salah satunya dengan berlari dapat menjaga sistem imun supaya tetap kuat. Jika imun kuat, tubuh akan mudah menangkis penyakit. Maka dari itu, orang yang rutin berolahraga tidak akan mudah terkena penyakit.

Meningkatkan Suasana Hati

Tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan fisik, lari juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Saat berlari, tubuh akan merangsang keluarnya hormon endorfin, yaitu hormon yang bertugas melawan stres. Oleh karena itu, lari dipercaya dapat mengurangi stres, memperbaiki mood hingga mencegah depresi. 

Itulah manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin melakukan olahraga lari. Tapi ingat, jika kamu ingin merasakan manfaat lari secara maksimal, kamu juga perlu menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Salam Olahraga!


Sumber:

Tulungagug, RSUD. dr. Iskak. 2024. Ketahui Manfaat Lari Bagi Tubuh. Diakses pada Sabtu, 7 September 2024.

Agustin, Slenny. 2023. 9 Manfaat Lari untuk Kesehatan Tubuh adn Tips Berlari yang Benar. Diakses pada Sabtu, 7 September 2024.

Samiadi, Lika Aprillia. 2022. 7 Manfaat Lari yang Tidak Pernah Anda Duga Sebelumnya. Diakses pada Sabtu, 7 September 2024.


Penulis: Nabila Nurul Alia

Editor: Athiqoh Zakiyah M.



Belum ada Komentar untuk "Ini Dia 5 Manfaat Olahraga Lari Secara Rutin Bagi Kesehatan Fisik dan Mental"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel