5 Kuliner Unik Khas Blora yang Wajib Dicoba! Salah Satunya Berbahan Baku Daun Jati Lho..

 


Soto Kletuk, salah satu makanan khas Blora (blorakab.go.id)



DIREKTORIJATENG.ID - "Kota seribu pohon jati" merupakan sebutan bagi Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sesuai dengan sebutannya, kehidupan masyarakat di Blora banyak memanfaatkan kayu jati sebagai bahan baku furniture, mebel, peralatan rumah tangga serta penyangga struktur bangunan. 

Selain terkenal dengan penghasil produk dari kayu jati yang berkualitas, ternyata Blora juga memiliki banyak kuliner unik yang enak dan menarik untuk dicoba lho..

Berikut 5 kuliner yang bisa kamu coba ketika mengunjungi ke Kabupaten Blora, bagi pencinta kopi, nomor 5 paling unik!

1. Ungker

Kuliner yang dibuat dari bahan dasar kepompong ulat jati (Hyblaea Puera) ini menjadi makanan unik pertama yang wajib dicoba. Untuk mencari ungker, para pedagang biasanya hanya menunggu ungker jatuh di sekitaran pohon jati. 

Jika kamu ingin mencoba makanan ini, berkunjunglah ke Kabupaten Blora pada awal musim hujan karena ungker hanya dapat ditemukan pada musim tersebut. 

Oiya, jangan kaget kalo harganya cukup mahal. Hal ini dikarenakan karena keberadaan ungker yang langka, sehingga harganya dapat mencapai Rp.10 ribu- Rp.15 ribu per cup air mineral atau kurang dari 100 gram.

Cara menikmati ungker ini dapat digoreng sesuai dengan selera, diberikan bumbu atau tidak ungker sudah enak.   Eits, sebelum digoreng pastikan ungker sudah dicuci dengan bersih dan dikeringkan ya!

2. Es Daun Jati

Sesuai dengan namanya, minuman satu ini memanfaatkan pucuk daun jati yang masih muda sebagai bahan campuran dalam proses pembuatannya.

Es daun jati atau dikenal dengan nama es jati cocok diminum saat cuaca panas untuk melepas dahaga karena rasanya yang sangat segar. Rasa legit dan sedikit gurih dari es daun jati akan sulit kamu temuka pada es lainnya. 

3. Soto Kletuk

Sama halnya dengan kota-kota lain yang memiliki ciri khas sotonya sendiri, soto kletuk menjadi makanan unik khas Blora selanjutnya.

Dengan isian soto seperti sayuran dan suwiran ayam serta siraman kuah santan, yang berbeda adanya tambahan taburan singkong yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng yang disebut kletuk. 

4. Sego Kobong 

Sego kobong adalah makanan khas Blora yang penyajiannya dengan cara dibakar. Sego kobong berasal dari bahasa Jawa yang artinya nasi bakar. 

Nasi sebagai bahan utama dari sego kobong memiliki varian isi yang sangat beragam, mulai dari ayam, cumi, udang dan teri. Makanan ini memiliki wangi khas yang berasal dari daun pisang yang dibakar sebagai pembungkus sego kobong. 

Meskipun makanan ini terbilang sangat sederhana, tapi rasa khas pedesaan dan autentiknya masih sangat terjaga.

5. Kopi Santan

Minuman yang satu ini menjadi salah satu kuliner unik khas Blora. Kopi santan sendiri adalah perpaduan antara kopi dan santan yang menjadikan kopi ini lebih kental dan gurih. 

Kopi santan tidak dibuat dengan kopi instan, tetapi biji kopi yang ditumbuk sendiri. Sedangkan santannya juga diparut dan diperas sendiri. 

Oke, itu dia 5 rekomendasi kuliner khas Kabupaten Blora yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana!


Sumber:

Arfilia Wijayanti,dkk. (2022). "Alternatif Ide Usaha Mahasiswa". Penerbit NEM : Pekalongan 

Hesti Ayuningtyas, dkk. (2021). "Panganpedia: Penjelasan Sains dari Fenomena Pangan Sehari-hari". Itera Press : Lampung 

Murdijati Gardjito, dkk. (2024). "Ragam Minuman Khas Indonesia". Penerbit Andi : Yogyakarta 



Penulis: Ariana Putri Herawaty
Editor : Ma'Unatul Hamidah

Belum ada Komentar untuk "5 Kuliner Unik Khas Blora yang Wajib Dicoba! Salah Satunya Berbahan Baku Daun Jati Lho.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel