Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Peringati 10 Muharram SD N Purworejo Adakan Kajian dan Santunan Anak Yatim

Foto bersama dalam rangka santunan anak yatim piatu SD N Purworejo, Jumat 02/08/2024.

DIREKGTORIJATENG.I-Dalam rangka memperingati tanggal 10 Muharram, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo posko 53 turut serta dalam rangkaian kegiatan di SDN Purworejo, Jumat 02/08/2024.

Selaku guru tamu dari SDN Ngawensari, sebagai pemateri Naimatuzzulfa menjelaskan bahwa terdapat 3 sikap penting yang harus dimiliki selama bulan Muharram untuk hidup yang lebih baik, yaitu muhasabah (introspeksi diri), hijrah (perubahan ke arah yang lebih baik), dan istiqomah (konsistensi). Beliau juga menyampaikan bahwa di dalam bulan Muharram terdapat banyak peristiwa yang terjadi pada nabi-nabi, dan apabila kita melakukan perbuatan buruk pada bulan tersebut, dosanya akan berlipat ganda.

"Bulan Muharram menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk melakukan muhasabah, memperbaiki diri, dan istiqomah dalam menjalankan kebaikan. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang ingin ditanamkan kepada para siswa. Selain itu, kita harus berhati-hati dalam bertindak karena dosa di bulan Muharram akan semakin berlipat," jelas Naimatuzzulfa.

Baca Juga : Selalu Berhasil Membuat Model Baru, UMKM Tas Rajut Ibu Irfakiyah Menarik Perhatian Mahasiswa KKN

Selain peringatan 10 Muharram, juga terdapat kegiatan santunan anak yatim piatu. Sebanyak 9 siswa dari kelas 1 hingga 6 menerima bantuan berupa sejumlah uang dari hasil infak setiap bulan.

Acara ini dihadiri oleh ketua komite sekolah, komite kelas 1-6, serta perwakilan wali murid. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan dukungan bagi anak-anak yatim piatu di SDN Purworejo.

Kegiatan peringatan 10 Muharram dan santunan anak yatim piatu di SDN Purworejo ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengisi bulan Muharram dengan kegiatan positif dan penuh makna.

Devisi Keagamaan dan Pendidikan, Irfa berharap agar kegiatan keislaman ini dapat meningkatkan keimanan siswa terhadap agama yang dianut, yaitu agama Islam. Ia juga mengatakan dengan adanya kegiatan menyantuni anak yatim piatu menjadikan tumbuh rasa kasih sayang antar sesama warga sekolah.

Penulis : Hasna Syifaunnisa (Devisi Keagamaan dan Pendidikan Posko 53 Kendal)
Editor : Heru Sofyan

Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Peringati 10 Muharram SD N Purworejo Adakan Kajian dan Santunan Anak Yatim "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel