Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Tunjukkan Kepedulian dan Semangat Gotong Royong, Mahasiswa KKN Adakan Kerja Bakti Bersihkan Mushola

 

Mahasiswa KKN sedang membersihkan Musholla (Riska/posko 21)


Kendal, DIREKTORIJATENG.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkan Mushola Miftahul Jannah di Desa Karanganom, Kecamatan Weleri. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat setempat, Rabu (7/8/2024).


Kegiatan kerja bakti, Mahasiswa bersama-sama membersihkan area luar dan dalam mushola, termasuk halaman, tempat wudhu, dan ruangan sholat.  Membawa alat-alat kebersihan seperti sapu, pel, dan sikat untuk memastikan kebersihan mushola terjaga dengan baik.


Selama kegiatan, juga berupaya menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan masjid kepada warga desa, terutama generasi muda. Selain memberikan dampak positif secara fisik, kegiatan ini juga memiliki nilai-nilai sosial yang kuat. Melalui aksi bersih-bersih di Masjid Desa Karanganom, mahasiswa KKN mengajarkan pentingnya gotong-royong, kerja sama, dan rasa tanggung jawab terhadap tempat ibadah kepada para peserta dan warga desa.


Salah satu mahasiswa KKN, Riska, mengharapkan, supaya kesadaran tersebut akan terus melekat dalam jiwa masyarakat setempat dan menjadi kebiasaan dalam menjaga kebersihan masjid. Dalam perjalanan kegiatan, mahasiswa KKN juga menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan warga desa dan mendengarkan aspirasi serta harapan mereka terkait pemeliharaan masjid dan kegiatan keagamaan lainnya. Hal ini membantu mereka memahami lebih dalam tentang kebutuhan masyarakat setempat dan menjalin koneksi yang erat.

Baca juga: Gelar Pelatihan Buket Divisi Ekokraf Berikan Pengalaman Baru Bagi Ibu-ibu Parakan

Para warga di Desa Karanganom, mengapresiasi kegiatan ini dan menyatakan bahwa kontribusi mahasiswa KKN sangat berarti bagi masyarakat desa. “Kegiatan ini menunjukkan kepedulian dan semangat gotong royong yang tinggi dari para mahasiswa. Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut di masa mendatang,” ujar salah satu warga. 

Baca juga:Peduli Kualitas Pendidikan yang Baik, KKN MB Posko 43 UIN Walisongo Berpartisipasi dalam Persiapan Akreditasi Pos Paud Sayang Bunda

Salah satu mahasiswa peserta KKN, Rouf Syam, mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan pengalaman berharga bagi dirinya dan rekan-rekannya. 


“Kami belajar banyak tentang bagaimana bekerja sama dan berkontribusi secara langsung untuk masyarakat. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan meninggalkan kesan positif bagi warga desa,” kata Rouf.


"Dengan adanya kegiatan kerja bakti ini, diharapkan tercipta hubungan yang lebih erat antara mahasiswa KKN dan masyarakat Desa Karanganom, serta terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan nyaman. Dan Mahasiswa KKN berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam berbagai kegiatan positif selama masa pengabdian mereka di desa ini," pungkas Riska.


Penulis: Tim KKN MIT KE-18 Posko 21

M. Kholis Dwi Saputro Saya adalah Seorang Mahasiswa UIN WALISONGO SEMARANG Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2021. Saya menyukai bidang fotografi, videografi dan jurnalistik.

Belum ada Komentar untuk "Tunjukkan Kepedulian dan Semangat Gotong Royong, Mahasiswa KKN Adakan Kerja Bakti Bersihkan Mushola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel