Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Mahasiswa KKN Posko 69 Adakan Edukasi Kesehatan Tentang Pentingnya Mencuci Tangan dan Menggosok Gigi dengan Baik dan Benar

 

Praktek mencuci tangan dan menggosok gigi dengan baik (Tim KKN posko 69)


Batang, DIREKTORIJATENG.ID - Kegiatan Edukasi Kesehatan dilaksanakan di SD Negeri Wanar 01 oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 69. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (8/9/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dan menggosok gigi dengan baik dan benar sejak usia dini.


Acara yang berlangsung di ruang kelas SD Wanar 01 dihadiri oleh seluruh siswa kelas 1 dan 2. Edukasi ini dibuka oleh Koordinator Divisi Kesehatan dan Lingkungan, Ananda Rizki Akbar, yang menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan diri, terutama di masa-masa seperti sekarang dimana kesehatan menjadi prioritas utama.


“Menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan dan menggosok gigi, adalah langkah awal untuk mencegah berbagai penyakit dan menghindari gigi berlubang. Dengan edukasi ini, kami berharap adik-adik di SD Wanar 01 dapat lebih peduli terhadap kesehatan diri mereka,” ujar Andi dalam sambutannya.


Baca juga: Peduli Kualitas Pendidikan yang Baik, KKN MB Posko 43 UIN Walisongo Berpartisipasi dalam Persiapan Akreditasi Pos Paud Sayang Bunda


Kegiatan edukasi dimulai dengan sesi tentang cara mencuci tangan yang benar. Mahasiswa KKN memperagakan enam langkah mencuci tangan sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu:


1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir.

2. Gunakan sabun secukupnya.

3. Gosok telapak tangan satu dengan yang lain.

4. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari.

5. Bersihkan bagian bawah kuku.

6. Bilas hingga bersih dan keringkan tangan dengan handuk atau tisu kering.


Siswa-siswi diajak untuk mempraktikkan langsung cara mencuci tangan yang benar dengan dipandu oleh para mahasiswa. Setiap siswa tampak antusias mengikuti setiap langkah, dan para mahasiswa KKN memberikan arahan serta tips tambahan agar kegiatan mencuci tangan menjadi kebiasaan sehari-hari.


Baca juga: Dorong Kreativitas dan Inovasi Lokal, KKN MIT Posko 44 UIN Walisongo Gelar Seminar Kewirausahaan dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan


Selanjutnya, sesi kedua berfokus pada cara menggosok gigi yang baik dan benar. Mahasiswa KKN menjelaskan pentingnya menggosok gigi minimal dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta cara menggosok gigi yang benar untuk memastikan seluruh bagian gigi dan mulut bersih dari sisa-sisa makanan.


Kepala Sekolah SD Negeri Wanar 01, Shodiq Suharto , menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN Posko 69 yang telah memberikan edukasi kesehatan kepada anak didiknya.


“Dengan adanya pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi para siswa/i mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Semoga mereka bisa menerapkan kebiasaan baik ini dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Shodiq.


Acara ini diakhiri dengan kuis dimana siswa/i yang bisa menjawab akan diberikan alat kebersihan diri berupa sikat dan pasta gigi sebagai bentuk dukungan agar mereka dapat terus menjaga kebersihan dengan baik. 


Mahasiswa KKN Posko 69 berharap, melalui kegiatan ini, siswa-siswi SD Negeri Wanar 01 semakin sadar akan pentingnya kebersihan diri dan bisa menjadi contoh bagi teman-teman serta keluarga mereka di rumah.


Penulis : Reza Putri Maharani (Mahasiswa KKN Posko 69)

M. Kholis Dwi Saputro Saya adalah Seorang Mahasiswa UIN WALISONGO SEMARANG Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2021. Saya menyukai bidang fotografi, videografi dan jurnalistik.

Belum ada Komentar untuk "Mahasiswa KKN Posko 69 Adakan Edukasi Kesehatan Tentang Pentingnya Mencuci Tangan dan Menggosok Gigi dengan Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel