Dorong Kreativitas dan Inovasi Lokal, KKN MIT Posko 44 UIN Walisongo Gelar Seminar Kewirausahaan dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan


Penyampaian materi oleh posko 44 kepada kader PKK dan pelaku UMKM di Balai Desa Penanggulan 8/8/2024 (dok. Rifaa Rosyiidah)

KENDAL, DIREKTORIJATENG.ID- Mahasiswa KKN MIT 18 Posko 44 Universitas Islam Negri (UIN) Walisongo gelar Seminar Kewirausahaan sekaligus Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Penanggulan, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, Kamis (8/8).


Seminar dan Pelatihan bertemakan “Upgrading Bisnis dalam Dunia Digital dan Implementasi Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan,” dihadiri oleh segenap Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan sejumlah pelaku UMKM yang ada di desa Penanggulan.


Koordinator kelompok yang diwakili oleh Muhammad Hilal menyampaikan bahwa tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan praktis kepada seluruh tamu undangan dalam dua bidang yang sangat relevan di era modern.


Baca juga:gelar walisongo mengajar tingkatkan


“Seminar ini diadakan sebagai bentuk kontribusi mahasiswa UIN Walisongo dalam memberdayakan masyarakat desa agar lebih siap menghadapi tantangan di era digital serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan. Adanya pelatihan ini, diharapkan warga desa dapat mengembangkan usaha mereka dengan lebih modern dan ramah lingkungan” ucapnya.


Meskipun acara berlangsung pada siang hari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, warga tetap antusias mengikuti berjalanya acara tersebut, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk dari warga ketika acara berlangsung.


Terdapat dua pemateri dalam acara ini, materi pertama mengenai topik Seminar Kewirausahaan disampaikan oleh Evilya Nurul Hidayah selaku anggota divisi Ekonomi Kreatif. Dalam penyampaian materi tersebut Evilya menyimpulkan bahwa dalam memulai sebuah  bisnis di era digital yang diperlukan adalah Niat dan Kemauan.


Baca juga:mars dan hymne uin walisongo semarang


“Jadi pada intinya, ibu-ibu, dalam membangun sebuah bisnis terlebih pada era digital ini yang kita perlukan itu adalah Niat dan Kemauan” ujarnya.


Sementara pada sesi kedua, diisi pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan yang disampaikan oleh, Sabina Dewi Safitri yang merupakan anggota divisi Kesehatan dan Lingkungan.


Ia menyampaikan bahwa era global ini pencemaran lingkungan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. 


“Perlu kita ketahui bahwasannya pada era global ini pencemaran lingkungan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, oleh karena itu Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan adalah langkah kecil dengan dampak besar. Ketika kita memilih produk yang ramah lingkungan, kita berinvestasi dalam kesehatan bumi dan masa depan generasi yang akan datang” Jelasnya. 

Kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama dan pembagian produk yang sudah dibuat.



Penulis: Rifaa Rosyiidah, Kominfo, Posko 44

Editor: Abdul Fatah

Abdulfatah Panggil saja abdul, aku gondrong dan keren sihhh

Belum ada Komentar untuk "Dorong Kreativitas dan Inovasi Lokal, KKN MIT Posko 44 UIN Walisongo Gelar Seminar Kewirausahaan dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel