Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Tingkatkan Peluang Usaha: Kelurahan Ngijo Gandeng Mahasiswa KKN Berikan Pelatihan Batik Kepada Masyarakat

 

Antusias Ibu-ibu dalam mengikuti pelatihan membatik di Aula Kelurahan Ngijo, Gunungpati.


DIREKTORIJATENG.ID - Kelurahan Ngijo berikan pelatihan membatik sebagai bagian dari upaya mempromosikan seni batik di Indonesia. Mahasiswa KKN berperan aktif dalam kegiatan tersebut dengan menjadi mentor di setiap kelompok yang telah dibagi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan Ngijo, Gunungpati pada Sabtu (20/7/2024).

 

Pelatihan batik dipandu oleh Tita, seorang pelatih batik bersertifikasi provinsi. "Kegiatan tersebut tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada peserta, tetapi juga meningkatkan apresiasi terhadap seni tradisional lokal. Masyarakat setempat merespon positif, dan berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan di masa mendatang". Ujar Tita.


Baca juga: KKN Posko 37 Edukasi Masyarakat Dengan Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM


Peserta pelatihan mayoritas adalah ibu-ibu rumah tangga. Mereka sangat antusias mengikuti setiap sesi pelatihan. Mereka belajar mulai dari teknik dasar hingga motif-motif tradisional yang khas dari daerah mereka. 


"Program ini tidak hanya tentang pembelajaran teknis membatik, tetapi juga tentang melestarikan warisan budaya kita. Saya senang bisa ikut serta dalam memberdayakan budaya lokal untuk mengembangkan kreativitas," ujar seorang peserta, Ambarwati.


Dengan semangat dan dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan mahasiswa KKN, program pelatihan membatik ini diharapkan dapat menjadi awal dari berbagai kegiatan seni budaya yang lebih luas di Kelurahan Ngijo.


Penulis: Asyifa Rahmadina (Mahasiswa KKN Moderasi beragama Posko 07)

M. Kholis Dwi Saputro Saya adalah Seorang Mahasiswa UIN WALISONGO SEMARANG Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2021. Saya menyukai bidang fotografi, videografi dan jurnalistik.

Belum ada Komentar untuk "Tingkatkan Peluang Usaha: Kelurahan Ngijo Gandeng Mahasiswa KKN Berikan Pelatihan Batik Kepada Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel