Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Cegah Gejala Stroke, Posyandu Lansia Adakan Senam Persendian Sebelum Pemeriksaan

Pelaksanaan Senam Persendian di Halaman Rumah Kepala Dusun Kajaan Desa Purworejo, , Selasa 16/07/2024.


DIREKOTORIJATENG.ID- Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lanjut Usia (Lansia) Dusun Kajaan, Desa Purworejo, Kendal, menghadirkan inovasi dalam kegiatan rutinnya. Di bulan ini, Posyandu diawali dengan senam persendian untuk para lansia sebelum pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan senam persendian ini diikuti oleh puluhan lansia di Dusun Kajaan dan dipandu oleh bidan desa setempat serta didampingi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, posko 53 Kendal, Selasa 16/07/2024.

Bidan desa, Nila, menjelaskan bahwa senam persendian ini bertujuan untuk mencegah gejala stroke pada lansia. Gerakan-gerakan yang diajarkan seperti meregangkan telapak tangan, membuka dan menutup telapak tangan, dan gerakan persendian lainnya, diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran para lansia.

Baca Juga : Basmi Nyamuk Aedes, Mahasiswa KKN dampingi Fogging di Dusun Bayong

"Senam persendian ini penting bagi lansia untuk meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan sendi, memperkuat otot, meningkatkan kesehatan tulang, melancarkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres," ujar Nila.

Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo, posko 53 Kendal, yang ikut membantu pelaksanaan senam persendian ini, merasa senang dapat membantu para lansia. Mereka berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin, karena bermanfaat bagi para lansia di Dusun Kajaan.

Kegiatan senam persendian di Posyandu Lansia Dusun Kajaan ini, merupakan contoh nyata bagaimana upaya berinovasi dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran para lansia. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi Posyandu Lansia lainnya.


Penulis : Heru Sofyan (Devisi Pemberitaan Posko 53 Kendal)
Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Cegah Gejala Stroke, Posyandu Lansia Adakan Senam Persendian Sebelum Pemeriksaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel