Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Tingkatkan Literasi Desa, Pihak Perpusda Kendal Dampingi Rumah Baca Desa Purworejo Menuju Akreditasi


Foto Bersama Setelah Pendampingan di Rumah Baca Desa Purworejo, 23/07/2024

DIREKTORIJATENG.ID-Upaya meningkatkan literasi di Desa Purworejo terus digencarkan. Pihak Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kendal melakukan pendampingan kepada Rumah Baca Desa Purworejo dalam rangka persiapan akreditasi, Selasa 23/07/2024.

Kegiatan pendampingan ini dipimpin oleh Dwi Tuty, staf Perpusda Kendal. Dalam kesempatan tersebut, Tuty membantu Rumah Baca Desa Purworejo dalam pembuatan akun Sistem Informasi Manajemen Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (SIMTPBIS) dan pendataan jumlah eksemplar buku yang dimiliki.

"Pendampingan ini bertujuan untuk membantu Rumah Baca Desa Purworejo dalam memenuhi standar yang diperlukan untuk akreditasi," ujar Tuty.


Selain Tuty dan dua staf lainnya, pendampingan ini juga dihadiri oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) Posko 53 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

"Kami berharap mahasiswa KKN dapat membantu dalam meningkatkan minat baca di Desa Purworejo, dan dijadikan salah satu program kerja KKN dalam peningkatan literasi," ujar Tuty.

Pendampingan Pembuatan SIMTPBIS Oleh Pihak Perpusda Kendal, 23/07/2024.

Menurut Tuty, salah satu cara untuk meningkatkan minat baca adalah dengan mengadakan beberapa kegiatan, seperti kegiatan mewarnai dengan tema literasi, kemudian pelatihan baca puisi, mendongeng dll.

Baca Juga : Basmi Nyamuk Aedes, Mahasiswa KKN dampingi Fogging di Dusun Bayong

"Kegiatan-kegiatan ini dapat membangkitkan minat baca masyarakat, terutama anak-anak," ujar Tuty.

Pendampingan dari Perpusda Kendal dan mahasiswa KKN MIT Posko 53 disambut antusias oleh pengurus Rumah Baca Desa Purworejo.

"Kami sangat berterima kasih atas pendampingan dari Perpusda Kendal dan mahasiswa KKN yang telah membantu kami untuk ketahap akreditasi dari rumah baca di Purworejo ini," ujar Fida, selaku pengurus Rumah Baca Desa Purworejo.

Baca Juga : Ajak Masyarakat Sadar Bahaya Demam Berdarah, Mahasiswa UIN Walisongo Sosialisasikan Pencegahan Demam Berdarah

Fida juga berharap dengan pendampingan dari Perpusda, Rumah Baca Desa Purworejo dapat meningkatkan kualitas layanannya dan menjadi pusat literasi di Desa Purworejo.

Penulis : Heru Sofyan (Devisi Pemberitaan posko 53 Kendal)
Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Tingkatkan Literasi Desa, Pihak Perpusda Kendal Dampingi Rumah Baca Desa Purworejo Menuju Akreditasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel