Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Adakan Pelatihan Wirausaha Kreatif Untuk Membuka Peluang Usaha di Rumah


Proses Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci, Oleh Mahasiswa KKN dengan Ibu-ibu PKK Desa Purworejo, Kamis 11/07/2024.
DIREKTORIJATENG.ID-Wirausaha kreatif berupa gantungan kunci dari kawat bulu dimasa sekarang sangat menguntungkan. Karena dengan modal yang minim dapat membuka usaha kreatif di rumah secara mandiri. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Posko 53 Kabupaten Kendal, mengadakan pelatihan wirausaha kreatif dari kawat bulu yang diubah menjadi gantungan kunci.

Pelatihan ini menggandeng 15 Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Purworejo, Kecamatan Ringinarum. Pelaksanaan pelatihan tersebut dilaksanakan pada jam tiga sore sampai jam setengah enam, di Balai Desa Purworejo, Kamis 11/07/2024.

Pelatihan wirausaha gantungan kunci bertema "Ciptakan Wirausaha Lewat Kreativitas Bersama Ibu-ibu PKK Desa Purworejo". Tema tersebut bertujuan untuk menciptakan wirausaha yang kreatif, dan tanpa mengeluarkan modal yang besar. Bahan dasar gantungan kunci cuma dari 3 bahan saja yaitu, kawat bulu, benang, dan ring gantungan kunci.

Baca Juga : Pastikan Kesehatan Ibu dan Anak Lewat Posyandu Balita

"Cukup bermodal Rp.100.000 kita dapat membuka usaha ini dirumah, bahan dengan mudah kita dapatkan di platfrom belanja online," ujar Heru Sofyan, selaku pemateri pelatihan.

Dalam pelatihan pembuatan gantungan kunci kali ini, Heru membuat bentuk gantungan kunci menyerupai kaktus yang bulat. Divariasi dengan adanya 2 tangkai kebawah bentuk pir. Bentuk tersebut hanya membutuhkan empat potong kawat bulu, harga jual bisa mencapai harga Rp. 2.000.

Menurut Heru ini sangat menguntungkan, bila diperjual belikan di Sekolah atau tempat pariwisata.

Baca Juga : Gandeng IPNU Dan IPPNU Untuk Sukseskan Program Desa

Foto Bersama Setelah Pelatihan Wirausaha Gantungan Kunci, Kamis 11/07/2024.

"Ibu-ibu PKK sangat aktif mengikuti pelatihan pembuatan gantungan kunci ini. Hasil yang dibuat oleh Ibu-ibu juga lumayan bagus, tinggal merapikan bagian-bagian tertentu saja," kata Heru.

Selaku Koordinator Desa, Ahmad Cahyadi berharap semoga pelatihan wirausaha gantungan kunci tidak hanya terjadi saat pelatihan saja. Namun, juga dipraktikkan di rumah. Agar pelatihan ini bermanfaat dan dapat membuka peluang kerja kreatif untuk Ibu-ibu PKK Desa Purworejo.

Penulis : Sendi Al-Muzzaki (Devisi Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan, Posko 53 Kendal)

Editor : Heru Sofyan (Devisi Pemberitaan, Posko 53 Kendal)
Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Adakan Pelatihan Wirausaha Kreatif Untuk Membuka Peluang Usaha di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel