Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Pelatihan Pembuatan Daifuku Mochi Dari Mahasiswa KKN Untuk Masyarakat Dusun Cangkring Desa Parakan

(Mahasiswa KKN sedang mengaduk adonan Mochi di depan ibu-ibu, dok.Mahasiswa KKN)

Kendal, DIREKTORIJATENG.ID-Mahasiswa KKN MIT 18 posko 8 mengadakan pelatihan pembuatan Daifuku Mochi, untuk Ibu rumah tangga di Dusun Cangkring, Desa Parakan, Kecamatan Rowosari, Kendal. Minggu (21/7/2924). 

Pelatihan ini termasuk dalam program kerja divisi ekonomi dan kreatif, yang bertujuan memberikan ketrampilan berupa pembuatan jajanan kekinian, dan diharapkan, bisa dijadikan ide usaha sehingga, dapat mendongkrak UMKM di Desa Parakan. Total 24 ibu-ibu yang menghadiri pelatihan ini. 


"Ini pelatihan pertama yang kami lakukan, dan kami awali dengan pelatihan pembuatan mochi," Kata Putri koordinator divisi ekonomi dan kreatif. 

Terlihat ibu-ibu sangat antusias mengikutinya. Pelatihan dibuka dengan sambutan koordinator divisi ekonomi kreatif. Setelah itu Putri mulai mengaduk adonan Mochi dan teman yang lain bantu menjelaskannya kepada ibu-ibu yang hadir.

Adonan diolah dengan bahan-bahan yang telah disiapkan kemudian dikukus selama 30 menit. Sembari menunggu adonan matang Ibu-ibu saling berbagi cerita dan pengalaman kepada mahasiswa kkn. Setelah adonan matang, kemudian dibagi beberapa kelompok untuk mulai menyatukan adonan yang telah dikukus itu dengan cokelat berisi strawberry yang sebelumnya sudah dibuat bersama. 


Setelah mochi selesai dibuat, semua orang yang hadir dipersilahkan untuk mencicipi langsung di lokasi. Kemudian beberapa mochi disisakan beberapa untuk dibawa pulang oleh ibu-ibu. 

Salah satu peserta Afida mengatakan, pelatihan ini sangat positif bagi warga desa Parakan khususnya Dusun Cangkring. Ia juga berharap ibu-ibu bisa melanjutkannya di rumah masing-masing dan dikembangkan menjadi wirausaha. 

"Ilmu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat disini, semoga kedepannya bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga," Ungkapnya


Putri mengungkapkan masih ada beberapa pelatihan yang akan dilakukan untuk masyarakat Parakan lainnya. Seperti pelatihan pembuatan buket, kerajinan dari sedotan untuk anak SD, penghiasan taman SD dengan menggunakan barang bekas, dan sosialisasi pemanfaatan limbah rumah tangga. 

"Itu semua sudah masuk kedalam program kerja kami, dan tinggal kami laksanakan semoga semuanya lancar kedepannya," Katanya

Ia berharap setelah pelatihan ini semoga ibu-ibu bisa mempraktikkannya di rumah, dan berkembang menjadi wirausaha yang dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Parakan. Untuk pelatihan selanjutnya juga bisa berjalan dengan lancar dan antusias masyarakat lebih baik lagi.

Kontributor: Mahasiswa KKN MIT 18 Posko 8

 

Bagus` Satria Saya Bagus Satria asal Lamongan Jawa Timur Indonesia saya suka olahraga dan bersih-bersih

Belum ada Komentar untuk "Pelatihan Pembuatan Daifuku Mochi Dari Mahasiswa KKN Untuk Masyarakat Dusun Cangkring Desa Parakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel