Menjalankan Program Kerja, Mahasiswa KKN Adakan Sosialisasi Literasi Media

(Mahasiswa KKN memaparkan materi pada sosialiasi literasi media di kantor balai desa parakan, dok. Mahasiswa KKN)

KENDAL, DIREKTORIJATENG.ID-Sosialisasi Literasi Media Mahasiswa KKN MIT Posko 8 bersama TP PKK Desa Parakan mengusung tema Bijak Bermedia, "Tingkatkan Literasi Melalui Filter Informasi". Acara ini berlangsung di Kantor Balai Desa Parakan, Kecamatan Rowosari, Kendal. Jumat, (26/7/2024). 

Kegiatan ini merupakan program kerja dari divisi Sosial Masyarakat (Sosma) bersama Media dan Informasi (Medinfo), yang dihadiri para kader PKK Desa Parakan semua bidang. 

Sebelum masuk pada materi literasi media, para peserta menyanyikan mars PKK disambung pembacaan 10 program PKK. Para mahasiswa juga turut bernyanyi dan membacakannya. Sosialisasi ini diisi oleh 2 pemateri, masing-masing dari divisi Sosma dan Medinfo. 

Baca Juga: Pencegahan Penyakit Reproduksi Melalui Sosialisai Kesehatan di Desa Parakan

Pemateri pertama Daniswara menjelaskan mengenai definisi dari sosial media dan memberikan beberapa contohnya kepada ibu-ibu PKK. Kemudian disambung dengan dampak positif dan negatif dari bermain sosial media. 

"Contoh sosial media yang banyak digunakan di Indonesia ya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tik tok, WA, dan YouTube. Semua itu bisa berdampak baik maupun buruk tergantung cara penggunaan kita," Katanya

Kemudian dilanjutkan pemateri kedua oleh Sabrina yang langsung memberikan contoh studi kasus dari berita hoax, dan beberapa penipuan lewat media sosial. Ia juga memberikan cara untuk memvalidasi berita hoax atau fakta, dengan menyarankan untuk membaca website media yang terpercaya, seperti Kompas,  Suara Merdeka, Tribun, dan Jawa Pos.

"Jika Ibu-ibu menemukan berita di sosmed dan masih ragu dengan kebenarannya, coba dicek di website beberapa media tersebut karena sudah terverifikasi dewan pers," Ungkapnya

Kedua pemateri menyampaikan dengan penuh ceria dan beberapa kali mencoba untuk berinteraksi dengan audiens. Respon dari audiens juga sangat positif, sehingga suasana terlihat sangat cair. 

Pada sesi sharing bersama, salah satu kader PKK membagikan pengalamannya yang pernah ditipu seseorang untuk mengirim pulsa dengan mengatasnamakan Kepala Desa. 

Baca Juga: Pelatihan Pembuatan Daifuku Mochi Dari Mahasiswa KKN Untuk Masyarakat Dusun Cangkring Desa Parakan

Ia kemudian meminta cara kepada pemateri untuk melacak dan mengetahui bahwa nomor tersebut adalah penipu. Para pemateri menyarankan agar mendownload salah satu aplikasi untuk mengecek nomor telepon. 

Ketua TP PKK Desa Parakan Nur Fadhilah memberikan kesannya setelah mengikuti sosialisasi literasi media bersama mahasiswa KKN kali ini. Menurutnya ilmu ini sangat pas untuk disampaikan kepada masyarakat Parakan. 

"Alhamdulillah setelah mengikuti sosialisasi kita lebih banyak pengetahuan mengenai literasi media dan ini sangat bermanfaat bagi kami," Ujarnya

Baca Juga: Desa Parakan Adakan Tasyakuran 1 Muharram Serta Memperat Persaudaraan Antar Warga

Ia mengatakan, pengetahuan dari mahasiswa KKN mengenai literasi media, akan dilanjutkan kepada pertemuan PKK di tiap RT untuk mengedukasi masyarakat Parakan lebih luas. 

"Harapannya setelah ini masyarakat bisa lebih paham mengenai sosial media lebih luas, dan berhati-hati dengan segala kejahatan di sosial media," Katanya

Terakhir Nur Fadhilah memberikan pesan kepada mahasiswa KKN. Ia mengaku sangat salut dengan semangat para mahasiswa KKN yang banyak mengadakan kegiatan bermanfaat diberikan kepada masyarakat Parakan.


Kontributor: Mahasiswa KKN MIT Posko 8

Bagus` Satria Saya Bagus Satria asal Lamongan Jawa Timur Indonesia saya suka olahraga dan bersih-bersih

Belum ada Komentar untuk "Menjalankan Program Kerja, Mahasiswa KKN Adakan Sosialisasi Literasi Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel