Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Gelar Kampanye Anti-Bullying Sejak Dini, Ciptakan Ruang Belajar Yang Aman dan Nyaman

Sosialisasi Anti Bulyying ke Peserta Didik Baru MI Muhammadiyah Purworejo Kendal, Jumat 26/07/2024.

DIREKTORIJATENG.ID–Dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bebas dari perundungan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) Posko 53 Unversitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, menggelar kampanye anti-bullying di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhamadiyah Purworejo. langkah kecil namun berarti dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa, Jumat 26/07/2024.

Kegiatan yang diikuti oleh kelas 1 bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai bullying, serta mendorong siswa untuk berani melawan dan mencegah terjadinya perundungan sejak dini.

Kampanye bullying dilakukan dengan menayangkan video edukatif. Video yang disiapkan oleh Divisi Pendidikan dan Keagamaan KKN MIT 18 Posko 53 secara menarik dan jelas. Materi yang disampaikan meliputi pengertian bullying, berbagai bentuk bullying yang sering terjadi, serta dampak buruk yang ditimbulkan baik bagi korban maupun pelaku.

Baca Juga : Tingkatkan Literasi Desa, Pihak Perpusda Kendal Dampingi Rumah Baca Desa Purworejo Menuju Akreditasi

Slaku Pemateri Khalawi Qoriyadin Annur mengatakan bahwa bullying adalah masalah serius yang dapat berdampak jangka panjang pada perkembangan anak. Melalui kampanye ini, bertujuan untuk menanamkan kesadaran pada siswa tentang bahaya bullying, dan mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah.

Selain menyaksikan video, siswa juga diajak untuk berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan. Diskusi ini dipandu oleh mahasiswa KKN. Dalam diskusi, siswa aktif bertanya dan berbagi pengalaman terkait bullying yang pernah mereka alami atau saksikan.

Slaku guru wali kelas yang mendampingi kegiatan ini, Shafira Ninawati, menyambut positif inisiatif mahasiswa KKN. Ia berharap disuatu hari tidak ada korban atau kasus perundungan baik di sekolah tempat ia mengajar maupun disekolah lain.

Baca Juga : Ajak Anak-anak Bersihkan Lingkungan MDTU Raudhatul Muta’alimin, Agar Kegiatan Belajar Lebih Khusyu

"Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya bullying. Saya berharap pengetahuan yang diperoleh siswa dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menciptakan suasana kelas yang lebih harmonis," ungkap Shafira.

Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Purworejo mengharapkan, melalui kampanye ini, siswa-siswinya dapat memahami dengan baik tentang bullying dan memiliki keberanian untuk melawan serta mencegah terjadinya perundungan. Selain itu, kampanye ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian seluruh warga sekolah terhadap masalah bullying.

Nama Penulis : Irfa Atunni'mah (Devisi Pendidikan dan Keagamaan posko 53 Kendal)

Editor : Heru Sofyan

Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Gelar Kampanye Anti-Bullying Sejak Dini, Ciptakan Ruang Belajar Yang Aman dan Nyaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel