Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

KKN UIN Walisongo Tanamkan Sikap Moderasi Sejak Dini dengan Berikan Penyuluhan Pada Siswa SDN 1 Mororejo

 

Pemaparan materi tentang Moderasi Beragama pada siswa SDN 1 Mororejo.

DIREKTORIJATENG.ID - KKN MIT 18 Posko 111 UIN Walisongo Semarang mengadakan penyuluhan moderasi beragama di SDN 1 Mororejo, Kaliwungu. Penyuluhan moderasi beragama dengan tema "Merajut Kerukunan dalam Perbedaan" ini dilaksakan pada Jumat, (26/7).

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep moderasi beragama kepada siswa dan komunitas sekolah sebagai bagian dari upaya membangun masyarakat yang harmonis dan toleran.

Dalam kegiatan tersebut,  materi dijelaskan dan dipresentasikan oleh mahasiswa KKN MIT 18 Posko 111. Mereka menjelaskan prinsip-prinsip dasar moderasi beragama, termasuk pentingnya toleransi, saling menghormati, dan hidup berdampingan dengan perbedaan keyakinan. 

Siswa juga diajak untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok di mana mereka membagikan pandangan dan pengalaman pribadi mengenai keberagaman.

Inti acara ditandai dengan tes dan pertanyaan yang dilemparkan kepada siswa SD tentang bagaimana cara untuk menghargai dan menghormati orang lain dalam berbagai aspek. Seluruh peserta terlibat aktif dalam kegiatan ini. Hal tersebut tidak terlepas dari games dan ice breaking yang disisipkan di sela-sela kegiatan. 

Koordinator Desa KKN MIT18 Posko 111, Fadli Robby, menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari misi mereka untuk mendorong nilai-nilai toleransi di kalangan generasi muda. 

"Kami percaya bahwa dengan memahami dan mengaplikasikan moderasi beragama sejak dini, generasi mendatang akan lebih siap untuk hidup berdampingan secara harmonis," tuturnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa SDN 1 Mororejo dapat menginternalisasi nilai-nilai kerukunan dan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari mereka, serta menjadi teladan bagi komunitas mereka dalam membangun masyarakat yang harmonis dan inklusif.

Penulis : Amilatul Khusna

Belum ada Komentar untuk "KKN UIN Walisongo Tanamkan Sikap Moderasi Sejak Dini dengan Berikan Penyuluhan Pada Siswa SDN 1 Mororejo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel