Divisi Pendidikan dan Keagamaan Adakan Sosialisasi Ramah Bermedia di SD Negeri Parakan

(ketiga pemateri Soialisasi Ramah Bermedia sedang beriteraksi dengan siswa-siswa SD N Parakan, dok. mahasiswa kkn)

KENDAL, DIREKTORIJATENG.ID-Divisi Pendidikan dan Keagamaan (Pendag) tim KKN MIT Posko 8 menggelar Sosialisasi Ramah Bermedia dengan mengusung tema "Bijak dan Cerdas Menggunakan Media Sosial". Acara ini berlangsung di SD Negeri Parakan, Desa Parakan, Kecamatan Rowosari, Kendal. Senin (29/7/2024). 

Sasaran yang dituju pada sosialisasi ini adalah siswa-siswi SD khusus kelas 5 dan 6. Materi yang disampaikan diantaranya terkait pengertian media sosial maupun sosial media yang disampaikan Nisa, cara agar cerdas menggunakan media sosial dipaparkan Haikal, dan tips untuk menghindari hoax atau berita bohong diberikan oleh Haqqi. Semua pemateri dari anggota divisi Pendag. 

Baca Juga: Pencegahan Penyakit Reproduksi Melalui Sosialisai Kesehatan di Desa Parakan

"Ini merupakan salah satu program kerja dari divisi kami yang sudah direncanakan sejak awal, dan sekarang kami laksanakan" Ungkap Haikal Koordinator divisi Pendidikan dan Keagamaan. 

Haikal menjelaskan alasan mengapa sasaran sosialisasi ini untuk anak SD karena, ingin membekali ilmu cerdas bermedia sejak dini. Ia mengaku hal tersebut merupakan langkah tepat yang bisa dilakukan, dengan melihat perkembangan  zaman yang semakin maju. 

"Anak SD sekarang sudah banyak memiliki HP sendiri, dan juga ada yang bermain media sosial, kami mengedukasi mereka agar berhati-hati," Ujarnya

Baca Juga: Pelatihan Pembuatan Daifuku Mochi Dari Mahasiswa KKN Untuk Masyarakat Dusun Cangkring Desa Parakan

Seusai semua pemateri memaparkan materinya, mereka mencoba menawarkan kepada siswa-siswi untuk bertanya apabila ada yang ingin disampaikan. Kemudian 2 siswa dan 1 siswi dengan berani bertanya kepada pemateri. 

Siswa-siswi tersebut yaitu Iffat bertanya cara membedakan berita hoax dan fakta, Kafi menceritakan bahwa akun Tiktoknya yang diblokir, ia menanyakan bagaimana cara membukanya kembali, dan terakhir Wilda meminta tips untuk menghadapi penipuan lewat telepon. 

Guru SD Negeri Parakan Umu Azizatun mendengar siswa-siswinya yang memberikan respon baik terhadap sosialisasi yang dilaksanakan tim kkn, dan ia merasa sangat bangga. Ia mengatakan hal tersebut cukup baik dalam berlangsungnya kegiatan. 

Baca Juga: Desa Parakan Adakan Tasyakuran 1 Muharram Serta Memperat Persaudaraan Antar Warga

"Terimakasih kepada teman-teman kkn telah memberikan sosialisasi ramah bermedia kepada anak-anak, semoga ilmu ini bermanfaat kedepannya bagi mereka," Ungkapnya. 

Ummu berharap setelah sosialisasi ini siswa-siswi SD Negeri Parakan dapat menggunakan dan memanfaatkan media sosial dengan baik, tidak menyalahgunakan, dan lebih mengerti mana yang baik dan buruk dalam bermedia sosial.


 KONTRIBUTOR: MAHASISWA KKN MIT POSKO 8

Bagus` Satria Saya Bagus Satria asal Lamongan Jawa Timur Indonesia saya suka olahraga dan bersih-bersih

Belum ada Komentar untuk "Divisi Pendidikan dan Keagamaan Adakan Sosialisasi Ramah Bermedia di SD Negeri Parakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel