Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H, KKN MIT-18 Turut Meramaikan kegiatan Baritan di Desa Penanggulan, kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal.

Makan bersama dalam kegiatan Baritan, desa Penanggulan, kecamatan Pegandon, kabupaten Kendal (11/7)

 KENDAL, DIREKTORIJATENG.ID- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) UIN Walisongo turut serta meriahkan kegiatan Baritan yang menjadi tradisi turun temurun untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah bertepatan pada malam Jum’at kliwon di desa Penanggulan, kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal Kamis (11/7).


Kegiatan ini berlangsung di setiap gang yang ada di desa Penanggulan, melibatkan seluruh masyarakat dan Mahasiswa KKN UIN Walisongo. Kegiatan ini dimulai ba'da isya dan diawali dengan pembukaan oleh tokoh masyarakat setempat, sambutan kemudian memasuki acara inti yaitu doa dan makan bersama. Uniknya dalam kegiatan ini nasi Megono menjadi ciri khas makanan dalam Tradisi Baritan.


Tokoh masyarakat setempat, Yusron (53) menjelaskan bahwa Tradisi ini merupakan warisan turun-temurun dari budaya Hindu yang kemudian melebur dengan ajaran Islam. “Tradisi Baritan dulunya merupakan tradisi dari budaya hindu yang bertujuan untuk memohon pertolongan dari mara bahaya, namun seiring berkembangnya jaman tradisi ini dilebur dengan ajaran Islam menjadi kegiatan doa bersama.”


Dalam kegiatan ini, Mahasiswa KKN UIN Walisongo diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan sekaligus perkenalan sebagai penghubung tali silaturahmi kepada masyarakat di seluruh dusun desa penanggulan. 

Baca juga: launching ilp desa magersari tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

Dalam sambutannya di dusun Kauman, Nazhif menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan kegiatan KKN yang akan berlangsung hingga 17 Agustus mendatang.


Selain itu, Evilya turut serta menyampaikan permohonan atas partisipasi dari masyarakat terhadap kegiatan yang berkaitan degan Program Kerja KKN MIT-18 Posko 44 di desa Penanggulan. “Selain itu kami juga memohon dukungan dan partisipasi dari bapak kalih ibu terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan nantinya dan jangan sungkan untuk melibatkan kami dalam kegiatan bermasyarakat” Jelasnya.


Masyarakat desa Penanggulan menyambut baik kegiatan dari Mahasiswa KKN UIN Walisongo, dan menaruh harap penuh dengan adanya kegiatan ini.


“Kami berharap dengan adanya kegiatan KKN dari Mahasiswa UIN Walisongo akan memantik semangat pemuda yang ada di desa ini untuk aktif turut serta dalam kegiatan lainya.” Ujar Yusro.


Oleh: Rifaa Rosyiidah, Kominfo, Posko 44

Abdulfatah Panggil saja abdul, aku gondrong dan keren sihhh

Belum ada Komentar untuk "Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H, KKN MIT-18 Turut Meramaikan kegiatan Baritan di Desa Penanggulan, kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel