Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa KKN Sampingi Posyandu Desa Silurah

Pengukuran lingkar kepala bayi, oleh pihak Posyandu dibantu Mahasiswa KKN MB, Jumat 08/07/2024. 

DIREKTORIJATENG.ID- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN-MB) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo posko 96, membantu program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Silurah, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang, Jumat 08/07/2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya bayi, balita, lansia di desa tersebut. Salah satu mahasiswa anggota KKN-MB Posko 96, Fatwanny Herly Rosanty mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan bidan desa setempat serta kader posyandu lainnya terkait pelayanan Posyandu kepada masyarakat Desa Silurah.

“Kegiatan ini dilakukan setiap sebulan sekali di awal bulan, dibulan Juli ini berlangsung selama 6 hari dari tanggal 2 – 8 Juli. Adapun kegiatan dalam posyandu meliputi penimbangan bayi, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, serta pemberian imunisasi. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memantau pertumbuhan bayi serta mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita dan mencegah stunting," kata Rosanty.

Baca Juga : Pastikan Kesehatan Ibu dan Anak Lewat Posyandu Balita

Tambahnya, mahasiswa KKN memberikan pendampingan terhadap pelayanan maupun pengecekan terhadap daya tahan tubuh dan kesehatannya dengan mengukur tensi darah serta berat badan. Kemudian juga mengukur lingkar perut lansia dalam kaitannya menganalisis terkena obesitas ataupun tidak.

Sementara itu, Bidan Desa Silurah, Tutik mengatakan, kegiatan ini tidak hanya diberikan kepada anak usia dini dan lansia. Tetapi, juga memberikan pelayanan kepada ibu hamil dengan pemberian vitamin dan suntik Tetanus.

“Kegiatan ini memberikan pelayanan terhadap Masyarakat secara keseluruhan, diikuti kurang lebih 17 bayi, 34 balita, 51 lansia, dan 16 ibu hamil. Agenda ini secara khusus diberikan kepada bayi, balita, dan ibu hamil dalam mencegah stunting yang terjadi pada anak,” ungkap Tutik.

Baca Juga : Mahasiswa KKN MIT Posko 53 Menggali Potensi Pertanian Desa Purworejo Bersama Petani

Bidan Silurah mendorong penuh pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, untuk mengedukasi masyarakat untuk memperhatikan kesehatan. Kegiatan ini diikuti oleh Divisi Kesehatan Lingkungan Posko 96 Desa Silurah beserta beberapa mahasiswa lainnya, dengan harapan terjadinya kesejahteraan bagi Masyarakat.

Penulis: Muhammad Iqbal (Koordinator Desa KKN MB Posko 96)

Editor : Heru Sofyan

Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa KKN Sampingi Posyandu Desa Silurah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel