Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Guna Dukung UMKM Desa, Tim KKN MIT Tematik Posko 113 Adakan Kunjungan Ke Ceriping Singkong Riz-Q

 

Karyawan sedang melakukan proses pembungkusan ceriping singkong Riz-Q, Senin (22/7). (dok.Tim KKN Posko 113 Desa Sumberejo)

KENDAL, DIREKTORIJATENG.ID- Sebagai upaya pengetahuan dan dukungan terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sumberejo, tim KKN MIT Tematik Posko 113 Desa Sumberejo UIN Walisongo Semarang adakan kunjungan ke salah satu usaha ceriping singkong Riz-Q, Senin (22/7).

Usaha ceriping Riz-Q di Desa Sumberejo telah berkembang menjadi salah satu UMKM yang sukses selama lebih dari 10 tahun, dengan omset mencapai jutaan rupiah. Perjalanan awal ceriping Riz-Q penuh tantangan, seperti menitipkan produk di warung-warung dan menghadapi banyak penolakan sampai akhirnya sukses terjual di Pasar Weleri dan Pasar Sukodono. 

Pemilik usaha, Waidah bercerita tentang kesulitan bagaimana ketika ia ingin menitipkan barang di warung-warung kecil dan betapa cepatnya modal usaha habis di masa-masa awal. 

Baca Juga: Pencegahan Penyakit Reproduksi Melalui Sosialisai Kesehatan di Desa Parakan

"Cuma titip ke warung itu sulit sekali, terus kita muter sampe warung-warung sekitar tugu dan ternyata modalnya udah habis," jelas Waidah

Walaupun modal usaha habis, ia tidak menyerah. Dengan dukungan dari keluarganya, sedikit demi sedikit mereka berhasil mengumpulkan modal untuk melanjutkan usaha. Usaha keras dan kegigihan mereka akhirnya membuahkan hasil, tidak hanya untuk keluarga mereka tetapi juga membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar. 

"Modalnya habis, akhirnya suami kerja lagi di pabrik dan membantu berikan modal. Terus kita beli bahan dikit-dikit. Nah nanti biasanya pagi suami anter ke pasar," lanjutnya. 

Baca Juga: Peduli Sampah Menjadi Program Unggulan Kecamatan Kaliwungu Saat Penerimaan KKN MIT Tematik Ke-18 UIN Walisongo Semarang

Keberhasilan ceriping Riz-Q menjadi bukti bahwa dengan tekad dan kerja keras, serta usaha kecil pun bisa meraih kesuksesan besar. Tim KKN Posko 113 Desa Sumberejo banyak mendapatkan pengalaman dan kesan yang luar biasa dari adanya kunjungan UMKM. 

Kunjungan tersebut juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam pengembangan ekonomi desa. Hal itu disampaikan langsung oleh Koordinator Divisi Sosial Masyarakat dan Ekonomi Kreatif, Akbar Maladona. 

"Kunjungan ini engga cuma memberikan pengetahuan aja, tapi juga bisa mengetahui apa aja sih syarat agar terdaftar sebagai umkm. Temen-temen juga terjun langsung melihat gimana proses pembuatannya," jelas Akbar. 

Baca Juga: Guna Tingkatkan Literasi Investasi Masyarakat Desa Wanar, Mahasiswa KKN Posko 69 Adakan Workshop Investasi

Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM di Desa Sumberejo, Tim KKN Posko 113 Desa Sumberejo memberikan bantuan untuk memperbaiki logo serta pembuatan banner gratis kepada UMKM ceriping Riz-Q.

Fikriya Labiba Halo Perkenalkan nama saya Fikriya Labiba dengan NIM 2101026027 Mahasiswi dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Walisongo Semarang

Belum ada Komentar untuk "Guna Dukung UMKM Desa, Tim KKN MIT Tematik Posko 113 Adakan Kunjungan Ke Ceriping Singkong Riz-Q"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel