Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Suka Wisata Air? inilah 6 Rekomendasi Curug di KabupatenTemanggung!

TEMANGGUNG, DIREKTORIJATENG.ID - Halo Sobat Direktori Jateng

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan berbagai kekayaan alamnya. Temanggung menjadi salah satu kota yang memiliki pesona yang luar biasa. keindahan wisata alamnya, seperti Embung Kledung dan Wisata Alam Posong dengan kegagahan gunung sumbing dan sindoro yang menjadi latar belakangnya.

Namuntidak hanya itu, temanggung juga memiliki beberapa wisata yang berkaitan dengan keindahan alam lainnya. seperti air terjun atau yang lebih terkenal dengan istilah curug. selain bermain air, para pengunjung juga bisa menikmati alam yang sunyi, karena beberapa wisata yang direkomendasikan merupakan tempat yang cukup tersembunyi atau dikenal dengan Hidden Gem. berikut 6 rekomendasi wisata air di Kabupaten Temanggung menurut Direktori Jateng :

1. Curug Surodipo

Curug Surodipo Desa Wonosari, Kecamatan Wonoboyo. (dok. Instagram Surodipo_waterfall)

Lokasi : Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Harga tiket : Rp 10.000

Curug ini merupakan tempat yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Temanggung, dengan segala keindahan nya memiliki 5 air terjun sehingga curug ini menjadi tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi baik dengan keluarga ataupun teman.

2. Curug Lawe

Curug Lawe (Dok. Instagram @exploretemanggung)

Lokasi : Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung

Jam Buka : 08.00 - 18.00

Air terjun ini disebut dengan Curug Lawe karena jatuhnya air terjun dari tebing curam ini sangat mengesankan, yaitu terlihat seperti untaian benang “lawe” yang sangat halus dan berwarna putih. Kata Lawe itu sendiri dalam bahasa Jawa berarti benang-benang halus. curug lawe ini cocok untuk wisatawan yang menyukai petualangan dan juga keindahan yang luar biasa dari sekitar menuju tempat wisata.

3. Curug Titang

Curug Titang di Kabupaten Temanggung. (Dok. Instagram @temanggungzone)

Lokasi : Dusun Ketitang, Desa Nampirejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung

Jam Buka : 08.00 - 18.00

HTM : Free

Air terjun ini memiliki karakteristik sebagai air terjun tunggal dan tidak ditemukan air terjun lain di dekatnya. pengunjung akan dimanjakan dengan beningnya air yang jatuh ke kolam setinggi 20 meter.

4. Curug Onje

Curug Onje, Bejen, Temanggung. (Dok. Instagram @temanggung_jateng)

Lokasi : Dusun Tanjungsari, Desa Duren, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Jam Buka : 07.00 - 15.00

HTM : Rp 5.000

suasana sejuk dari sekitar akan membuat pengunjung merasa nyaman dan menikmati alam. namun, jalan menuju curug ini masih cukup menantang. pengunjung akan melewati jalan setapak dengan rute yang berkelok-kelok. karena itu curug ini merupakan salah satu curug yang tersembunyi di Kabupaten Temanggung.

5. Curug Merak

Curug Merak di Kecamatan Candirito. (dok. Google maps/ arixxeordinary)

Lokasi : Desa Sidoarjo, Kecamatan Candirito, Kabupaten Temanggung

Jam Buka : 08.00 - 17.00

HTM : 5.000

Destinasi liburan keluarga di wisata air terjun Temanggung yang satu ini memiliki pesona curug dengan 3 tingkatan air terjun yang menjulan tinggi. Tingkatan pertama memiliki ketinggian hingga belasan meter, tingkatan kedua berkisar 1-2 meter dan tingkatan ketiga memiliki bentangan air terjun yang melebar dengan panjang hingga belasan meter pula. Destinasi wisata alam disudut Temanggung ini keberadaannya belum banyak diketahui. Sehingga keasrian tempatnya masih begitu terhaga dengan baik.

6. Curug Kuwung

Curug Kuwung di Temanggung (Dok. website Desa Kaloran)

Lokasi : Dusun Batur, Desa Kaloran, Kecamatan Kaloran, Temanggung

Jam Buka : 09.00 - 17.00

Curug Kuwung mempunyai 3 (tiga) curug bertingkat. Untuk mencapai curug atas, harus menempuh jalan yang cukup sulit. namun, semua itu akan terbayar dengan keindahan yang akan disaksikan pengunjung dari atas.


Itulah 6 rekomendasi curug di Kabupaten Temanggung, Sobat Direktori bisa menjadikan referensi ketika kalian berkunjung ke kabupaten ini.

Happy Traveling:)


Penulis : Putri Afifah Fitrianingtyas
Putri Afifah Fitrianingtyas Haii, salam kenal aku Putri Afifah Fitrianingtyas, biasanya dipanggil Afifah. aku adalah seorang mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, doakan aku buat jadi penulis hebat ya teman-teman. salam kenal semua:)

Belum ada Komentar untuk "Suka Wisata Air? inilah 6 Rekomendasi Curug di KabupatenTemanggung!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel