Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Rekomendasi Wisata yang Cocok Menemani Libur Lebaran Bersama Keluarga di Semarang

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah yang sering menjadi destinasi wisata dan  paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Lawang Sewu, yang menjadi salah satu destinasi wisata saat libur lebaran di Semarang (direktorijateng/Karin)

SEMARANG,DIREKTORIJATENG.ID-Hallo Sobat Direktori, tak terasa libur lebaran  semakin dekat, tentu kita ingin menghabiskan bercengkrama dan menghabiskan waktu lebih lama bersama keluarga tercinta. 

Salah satu cara yang dapat kita lakukan yaitu mengunjungi tempat wisita. Jika sobat direktori saat ini sedang berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Jawa Tengah,  tentu Semarang menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi. 

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah sering menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, entah itu untuk sekedar menghabiskan akhir pekan, bahkan libur lebaran sekaligus. 

Kota yang dijuluki sebagai kota lumpia ini, banyak menyimpan pesona keindahan alam maupun buatan. Semarang memilki berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga budaya dan religi sekaligus.

Baca Juga: Pelestarian Bahasa Prokem Semarang di Kafe Gethe

Nah kali ini, direktorijateng.id akan membagikan 3 rekomendasi wisata yang dapat kamu nikmati bersama keluarga. Penasaran tempat wisata apa saja? Yuk simak ulasan berikut

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu, yang menjadi salah satu destinasi wisata saat libur lebaran di Semarang (direktorijateng/Karin)

Siapa sih yang tidak tau dengan ikonik kota Semarang, ya,  Lawang Sewu.  Konon, disebut Lawang Sewu karena jumlah pintu yang ada pada bangunan Belanda ini mencapai seribu pintu, meskipun pada aslinya hanya memilki 928 pintu.

Bangunan dengan gaya arsitektur Belandai ini dulunya merupakan bekas kantor pusat Perusaan Kereta Hindia Belanda, kemudian dialih fungsikan menjadi kantor Djawaran Kereta Api Repoeblik Indonesia.

Sekarang, Lawang Sewu sudah direvitalisasi menjadi museum dan objek wisata. Bangunan kuno nan estetik ini berada di Jalan Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, tak jauh dari Simpang Lima. 

Jika Sobat Direktori  ingin mengajak sanak famili untuk mengelilingi bangunan yang penuh sejarah ini. Kalian dapat datang pada pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB 

Harga masuk mulai dari Rp 10.000 - 30.000 sesuai dengan kriteria. Untuk anak-anak dikenakan tarif Rp 10.000, Dewasa Rp 20.000 dan untuk wisatawan asing Rp 30.000

Pesona lain dari Lawang Sewu yaitu pemandangan syahdu yang dihasilkan lampu pada malam hari yang pasti akan membuat kalian nyaman dan betah untuk berlama-lama .

2. Kota Lama

Bangunan MARBA yang dulunya meruapakan toko modern di kawasan Kota Lama Semarang

Memang kurang lengkap rasanya, jika ke Semarang tidak mampir dan menikmati indahnya sensasi Kota Lama Semarang. 

Kawasan ini mendapat julukan sebagai Litttle Netherland, karena bentuk arsitektur dan bangunan yang memilki gaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Kawasan kota Lama ini dipenuhi dengan bangunan tua nan estetik. Jika kamu memiliki hobi fotografi, tentu, tempat ini sangat cocok untukmu.

Kota Lama memilki banyak spot foto ala instragramable, karena setiap sudut dari kota lama memilki keindahan. 

Tak hanya keindahan bangunan semata, di depan Gereja Blenduk, terdapat komlek taman yang hijau lagi bersih. 

Tentunya, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Pohon-pohon disekitar taman siap menjadi atap untuk siang hari, yang tentunya akan membuat udara di sekitar lebih segar. 

Di area taman Kota Lama, ini juga disediakan wi-fi gratis dan kran cuci tangan untuk pengunjung. di jamin keluargamu betah dehkalau di ajak ke sini!

Disepanjang jalan Kota Lama, juga banyak ditemui pajangan sepeda-sepeda kuno yang dapat digunakan untuk berfoto ria bersama orang terkasih. 

Tak jauh dari taman, kamu juga akan menemui bangunan berwarna merah bata dengan tulisan "MARBA" pada bagian atasnya. Bangunan ini dulunya sebuah toko modern yang bernama De Zeikel dan menjadi satu-satunya toko modern di kawasan Kota Lama saat itu.

Untuk dapat menikmati suasana ala-ala Eropa ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk ke Kota lama. Kamu hanya perlu menyediakan uang parkir.

3. Dusun Semilir


Salah satu wisata keluarga, Dusun Semilir berada di Bawen, Kabupaten Semarang (foto:instagram/@dusunsemilir)

Wisata populer lainnya berada di Kabupaten Semarang . tempat wisata yang menyajikan konsep stay cation bersama keluarga dengan banyaknya wahana permainan yang dapat menguji adrenalin kamu. Ya, namanya Dusun Semilir.

Dusun Semilir berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 49, Kelurahan Bawen, Kecamatan Ngempal, Kabupaten Semarang. 

Tempat wisata dengan konsep "One stop destination" tentu akan membuat keluargamu betah untuk berlama-lama di Dusun Semilir. 

Ada banyak fasilitas yang dapat kamu rasakan jika kamu berkunjung ke Dusun Semilir, seperti wahana permainan, spot belanja, spot foto instagramble, wisata kuliner dan tentunya, menginap bersama keluarga di Dusun the Villas.

Untuk menikmati fasilitas di atas, pada hari biasa, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 30.000 hingga Rp 90.000.

Salah satu wahana yang menjadi daya tarik kuat bagi wisawatan yaitu perosotan pelangi yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Perosotan ini cukup menguji adrenalin pengunjung, pasalnya panjang lintasan perosotan ini mencapai 120 meter. 

Seperti namanya, perosotan ini memiliki banyak warna, merah, orange, kuning, hijau, dan ungu.

Tak hanya perosotan pelangi yang dapat kamu nikmati, Dusun Semilir juga menawarkan beberapa wahana lainnya, seperti Suketan, Jalan Kenangan, Kandangan, Kereta, Traktor. Kereta Osil dan masih banyak lagi wahana yang ada di Dusun Semilir.

Dusun semilir termasuk dalam salah satu wisata yang ramah difable, mereka juga menyediakan toilet khusus kursi roda,

Selama berkunjung di Dusun Semilir, kamu tidak perlu takut kelaparan, karena di sana terdapat banyak restoran yang menyediakan berbagai makanan berat hingga ringan. 

Dusun Semilir memiliki area parkir yang luas, sehingga buat kamu yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. 

4. Planetarium Universitas Islam Negeri Walingo Semarang

Jika tadi kita hanya berbicara wisata sejarah dan alam, sekarang saatnya kita mengajak keluarga untuk menikmai wisata edukasi yang ada di Universitas Islam Negeri Walisongo. 

Wisata edukasi ini akan mengajak keluargamu untuk mengenali dunia luar angkasa. 

Untuk menikmati dan menjelajahi luar angkasa, kita saat ini tak perlu jauh-jauh hingga ke Planetarium  Boscha yang ada di Bandung.

Akan tetapi, kita dapat menikmati dan belajar mengenai luar angkasa di Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang yang berada di Jalan  Prof Hamka, Tambak Aji, Ngaliyan Semarang.

Mengutip dari laman resmi UIN Walisongo Semarang. Planetarium ini diresmikam pada tahun 2022 dani menjadi planetarium terbesar se Asia Tenggara dengan diameter 18 meter.

Planetarium UIN Walisongo menyediakan show video-video terkait benda langit seperti penampakan bintang, planet mars, neptunus ,uranus, dan galaksi bima sakti yang akan membuat anak-anak terpukau. 

Untuk kamu yang ingin mengajak anak-anak dan keluarga mengunjungi Planetarium UIN Walisongo, kamu bisa langsung datang dan melakukan transaksi secara langsung. 

Akan tetapi, jika kamu ingin mengajak rombongan dengan minimal 40 orang, kamu dapat menghubungi no WA yang tercantum di instagram resmi @planetarium.uinws.

Show planetarium hanya digelar dari Selasa-Sabtu dengan 4 kali sesi show, berikut detailnya:

  • Show 1: 09.00 WIB
  • Show 2: 11.00 WIB   
  • Show 3: 13.00 WIB
  • Show 4: 15.00 WIB
Selain itu, terdapat pula show spesial yang diadakan di hari Jumat dan Sabtu, berikut detailnya:

Jumat

  • Show 1: 15.00 WIB
Sabtu
  • Show 1: 11.00 WIB
  • Show 2: 15.00 WIB
Untuk mengikuti show ini, pengunjung dapat registrasi atau membeli tiket sejak 2 jam sebelum show dimulai.
      
Demikian beberapa rekomendasi destinasi wisata keluarga yang dapat Sobat Direktori  kunjungi bersama keluarga saat liburan lebaran. Semoga bermanfaat. (*)








Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Wisata yang Cocok Menemani Libur Lebaran Bersama Keluarga di Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel