Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Rekomendasi Wisata Edukasi di Semarang, Liburan Sambil Belajar Bersama Keluarga

Perpaduan antara wisata dan edukasi merupakan salah satu pilihan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Diaryland On The Valley - Seorang anak melakukan sheep shearing atau mencukur bulu domba (Foto: Instagram/@diaryland.onthevalley)

SEMARANG, DIREKTORIJATENG.ID - Kota Semarang memiliki beragam wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Seperti wisata alam, wisata bersejarah, hingga wisata edukasi. Anda dapat memadukan ketiga destinasi tersebut di Semarang. 

Jadi dengan mengunjungi perpaduan ketiga destinasi, Anda akan mendapatkan hiburan sekaligus menambah ilmu pengetahuan baru. Beragam wisata edukasi di Semarang ini juga menawarkan beragam tema yang menarik untuk dikunjungi.

Sehingga dengan berkunjung ke wisata edukasi di Semarang bersama keluarga, Anda tidak perlu khawatir anak-anak akan bosan. Sebab beberapa destinasi juga menyajikan beragam wahana permainan yang akan menambah keseruan. Oleh karena itu, anak-anak bisa belajar sambil bermain. 

Jadi simak artikel ini untuk mengetahui beberapa rekomendasi wisata edukasi di Semarang tersebut. Beberapa destinasi ini dapat menjadi opsi menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

1. Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran 

Kopi Banaran sendiri merupakan salah satu jenis kopi dari Semarang yang banyak digemari oleh penikmat kopi. Apabila ingin mengetahui proses pengolahan Kopi Banaran secara langsung, maka Anda dapat mengunjungi Agrowisata Kampung Kopi Banaran.

Destinasi ini menawarkan tempat yang sejuk dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Sehingga Anda dapat berkunjung ke sini bersama keluarga.

Di sini dapat menambah wawasan seputar kopi dengan mengikuti perjalanan ke Pabrik Kopi Banaran, Museum Kopi Banaran, hingga berkeliling di kebun kopi. Anda bisa ke pabrik untuk melihat secara langsung proses mengolah kopi hingga menjadi produk yang siap. 

Kemudian dapat mempelajari sejarah perkembangan komoditas kopi di Indonesia di Museum Kopi Banaran. Serta berkeliling kebun kopi dengan menaiki kereta atau golfcar. Selain kebun kopi, kawasan ini juga memiliki kebun lain, seperti kebun kakao, kebun karet, dan kebun buah-buahan.

Kampoeng Kopi Banaran juga menyediakan area perkemahan. Anda dapat memilih paket berkemah sekaligus kegiatan outbond yang cocok untuk acara family atau corporate gathering

Serta menyajikan beragam wahana seperti outbond, panahan, flying fox, ATV, berkuda, hingga bicycle trails. Terdapat juga arena kids playground dengan aneka wahana permainan. Selain bermain, anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan kelinci di Taman Kelinci. 

Kemudian terdapat fasilitas umum, seperti area parkir, mushola, toilet, minimarket, gedung pertemuan, kolam renang, hotel, villa, tempat spa, lapangan tenis, serta coffee house.

Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran beralamat di Jalan Raya Bawean – Solo KM 1,5 Bawen, Gentong, Asinan, Kec. Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Harga tiket sebesar Rp15.000 – Rp500.000. Sedangkan untuk jam operasionalnya yaitu setiap hari pada pukul 07.00 – 21.00 WIB.

2. Dairyland On The Valley 

Rekomendasi wisata edukasi di Semarang selanjutnya yaitu Diaryland On The Valley. Tempat ini merupakan destinasi wisata keluarga dengan konsep edukasi dan rekreasi. Di sini terdapat beragam wahana seperti Diaryland Mini Zoo, Taman Miniatur Dunia Minimania, dan Diaryland Dry Waterpark.

Di area mini zoo, Anda bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti kelinci, burung, dan sapi. Sementara di Diaryland Dry Waterpark Anda bisa bermain air. Selanjutnya juga terdapat Taman Miniatur Dunia Minimania yang memiliki beragam sppt foto menarik seperti Menara Eiffel dan Stonehenge.

Di sini Anda akan menemukan menu khas berupa produk olahan susu cimory. Sementara untuk harga tiket Diaryland yaitu Rp15.000 dan Minimania sebesar Rp25.000. Namun Anda juga dapat memilih paket combo keduanya dengan biaya Rp35.000.

Dairyland On The Valley ini beralamat di Jl. Soekarno Hatta KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan jam operasionalnya yaitu pada pukul 09.00-17.00 WIB.

3. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah yang memiliki 25 wahana permainan. Tempat ini mengusung konsep kearifan lokal. Serta terbagi menjadi 5 zona yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Zona Pesisir ini menawarkan dekorasi dan interior yang mereplikasi suasana pantai dan akan disambut wahana Cakrawala. Selain itu juga terdapat beberapa pertunjukan dan permainan.

Anda dapat mengunjungi Lumbung Ilmu Galileo untuk menggali ilmu pengetahuan kehidupan purba hingga dinosaurus. Serta menyediakan spot foto menarik dengan latar belakang benda-benda langit seperti planet.

Kemudian zona Balalantara yang menawarkan suasana hutan belantara. Di sini terdapat Ekowisata Angon-Ingon yang bisa berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan. Selain itu juga dapat mencoba wahana Jamur Apung, Safari Bocah, Adu Nyali, dan Kumbang Layang.

Sementara untuk zona Kamayayi ini dirancang khusus untuk anak-anak. Terdapat berbagai permainan, wahana dan aktivitas yang cocok untuk untuk bermain dan belajar. Sehingga anak-anak tidak bosan di sini.

Kemudian ada zona Ararya yang cocok bagi Anda jika menyukai tantangan dan sensasi ekstrem. Terdapat wahana seperti Lika-Liku, Bengak-Bengok, Obat-Abit, Senggal-Senggol, hingga Paku Bumi.

Selanjutnya yaitu zona Segara Prada yang tepat apabila ingin bersantai dan menikmati masakan. Anda dapat mencicipi beragam menu yang tersedia.

Selain wahana, Saloka Theme Park juga memiliki beragam fasilitas umum seperti area parkir, klinik, ruang laktasi, dan toilet. Anda memerlukan biaya sebesar Rp120.000 – Rp150.000 untuk mengunjungi tempat ini.

Saloka Theme Park buka setiap hari dengan jam operasional pada pukul 10.00 - 19.00 WIB. Berlokasi di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

4. Dusun Semilir

Dusun Semilir menawarkan tempat yang memadukan antara suasana alam pedesaan dengan wisata kekinian. Jadi Anda dapat menikmati arsitektur bangunan tradisional dengan suasana modern. 

Tempat ini memiliki beragam permainan, satwa, pusat kuliner, hingga penginapan. Sehingga dapat menjadi salah satu destinasi wisata untuk dikunjungi bersama keluarga. Sebab di sini terdapat beragam kegiatan rekreasi sekaligus edukasi.

Anda dapat menikmati wahana menarik seperti perosotan dengan tinggi 30 meter dan panjang 150 meter. Kemudian terdapat Banyu Biru bertema danau bohemian yang dilengkapi dengan air mancur menari, bantal taman, tenda gazebo. Selain itu juga bisa bermain di danau, naik kapal, atau berfoto.

Ada pula kegiatan keliling dengan kereta wisata, trem, gondola, hingga sepeda. Jangan lewatkan Omah Suwung atau rumah hantu yang akan memberikan sensani menegangkan. Serta wahana Inflatable dan Omah Dolanan yang menyajikan beragam permainan untuk melatih gerak motorik.

Dusun Semilir juga memiliki Alas Tirta sebagai spot foto berkonsep alam dengan beragam tanaman hutan Tropis dan hewan menarik seperti otter, burung, dan ikan Koi. Kemudian terdapat Jembatan Senggol yang menggantung diatas taman dan bergaya dusun. 

Selain itu juga ada Alun Eropa yang warna-warni seperti Venetia, Maroko, Mykonos, dan French Village. Sehingga Anda dapat merasakan sensasi seperti berada di kota khas Eropa.

Terdapat beragam fasilitas umum seperti area parkir, mushola, toilet, smoking area, atm center, klinik, hingga ruang laktasi. Serta kursi roda untuk penyandang disabilitas.

Tiket masuk Dusun Semilir yaitu mulai dari Rp30.000 - Rp100.000. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 09.00 -18.00 WIB untuk hari Senin - Jumat dan 08.00 - 19.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu dan Tanggal Merah. Beralamat di Jl. Soekarno Hatta No. 49, Kec. Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah. 

5. Taman Celosia

Taman Celosia merupakan destinasi wisata yang berada di lereng kaki gunung Ungaran, Semarang. Adanya pemandangan pegunungan dan udara yang sejuk ini termasuk daya tarik bagi wisatawan.

Di sini terdapat taman bunga, spot foto, wahana permainan dan cafe garden yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Anda dapat menikmati perpaduan antara wisata alam, edukatif, dan kekinian.

Kawasan wisata Taman Celosia ini memiliki 3 zona wisata dengan spot berbeda. Zona Celosia 1 menyajikan spot yang didominasi oleh bunga Celosia. Sementara zona Celosia 2 didominasi oleh arsitektur bangunan ala korea. Sedangkan untuk zona Celosia 3 ini didominasi bangunan ala Belanda, serta berhiaskan Bunga Celosia.

Kemudian juga menyediakan wahana edukasi seperti taman kelinci, perawatan dan penanaman bunga, hingga team building activity. Kegiatan uni termasuk daya tarik untuk dikunjungi oleh anak-anak.

Kemudian juga memiliki beragam wahana permainan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Tetapi untuk menikmati wahana permainan tersebut Anda dapat membayar Rp10.000 - Rp. 30.000. Selain itu juga terdapat kolam renang dengan biaya Rp20.000. Apabila ingin mengelilingi kawasan ini, maka Anda dapat menyewa Golfcar dengan tarif Rp20.000 per 2 putaran. 

Tempat ini menyediakan fasilitas seperti area parkir, spot foto, wahana permainan, gedung aula pertemuan, prewedding, hiburan musik, cafe garden celocia, olahraga dan senam, penyewaan hanbok dan kimono, jasa fotografi, penjualan tanaman bunga hias, dan food court. Selain itu juga terdapat mushola dan toilet.

Anda akan dimanjakan oleh warna-warna bunga pada setiap sudut bangunan. Tempat ini menawarkan spot foto yang menarik seperti little Italia, little Korea, flower tower, white marine park, colorful pyramids, taman kelinci, miniatur landmark berbagai negara, museum swafoto, dan taman bunga.

Selain itu juga dilengkapi dengan beragam fasilitas umum seperti area parkir, mushola, toilet, kantin, toko souvenir, dan sablon kaos. Taman Celosia berada di Jl. Candi Gedong Songo, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk Taman Celosia yaitu mulai dari Rp25.000 - Rp30.000. Tempat ini buka setiap hari dengan jam operasaional pada pukul 09.00 - 17.00.

Demikian beberapa rekomendasi destinasi wisata edukasi yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Semoga bermanfaat. (*)


Belum ada Komentar untuk " Rekomendasi Wisata Edukasi di Semarang, Liburan Sambil Belajar Bersama Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel