Entri yang Diunggulkan

Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Kabupaten Pemalang

Intip Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah, Wisata Religi Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tampak depan Masjid Agung Jawa Tengah dimana salah satu payungnya sedang dalam masa perbaikan (dok. Zakia) 

DIREKTORIJATENG.ID - Masjid Agung Jawa Tengah,  menjadi salah satu tempat spiritual dan kebudayaan di Jawa Tengah. Terletak di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Masjid ini menawarkan pengalaman religi yang memikat dan menarik bagi wisatawan dan warga setempat.

Dengan luas keseluruhan mencapai 10 hektar, dan 7 hektar di antaranya diperuntukkan untuk bangunan Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah tidak hanya memiliki keistimewaan dalam segi bangunannya, tetapi juga dari keindahan arsitektur dan desainnya memikat hati yang memandang.


Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah

Berdasarkan informasi dari laman resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) perpaduan arsitektur yang menggabungkan unsur-unsur Jawa, Islam, dan Yunani. 

Bangunan utamanya mengusung atap piramida dengan empat menara di setiap sudut, sementara menara Asmaul Husna yang menjulang tinggi 99 meter menjadi ciri khas MAJT.

Tak hanya eksteriornya yang memukau, interior Masjid Agung Jawa Tengah juga mempesona dengan hiasan ukiran dan kaligrafi rumit nan indah. Halaman luas dan tenang masjid ini menjadi tempat yang ideal untuk meromantisasi diri serta penguatan iman.

Salah satu fitur unik yang membedakan Masjid Agung Jawa Tengah adalah enam payung hidrolik raksasa di teras masjid, yang melambangkan rukun iman. Payung-payung ini bukan hanya sebagai elemen dekoratif, tetapi juga berfungsi sebagai atap bagi para jamaah ketika jumlah mereka banyak di sekitar halaman masjid. 

Dengan tinggi masing-masing 20 meter dan bentangan hingga mencapai 14 meter. Adopsi model ini dari Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi yang menambah keanggunan dan keunikan MAJT.


Warisan Berharga dan Kebanggan Masyarakat

Masjid Agung Jawa Tengah bukan hanya menjadi sebuah bangunan megah, tetapi juga sebuah warisan berharga yang akan ditinggalkan untuk generasi mendatang.

Sebagai penjaga kearifan lokal dan penjembatan antara masa lalu dan masa depan, masjid ini akan terus memainkan peran penting dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan yang kaya di Jawa Tengah.

 

Akses dan Fasilitas

Akses menuju Masjid Agung Jawa Tengah cukup mudah, jika kamu dari pusat Kota Semarang atau Simpang Lima. Kamu ambil arah menuju ke Purwodadi atau terminal Penggaron, kamu ikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan setelah Lotte Mart. Dari Perempatan Lotte Mart kamu belok kiri dan ikuti jalan, Masjid Agung Jawa Tengah berada di kiri jalan.

Majid Agung Jawa Tengan memiliki lahan parkir sangat luas, juga tempat wudhu, tempat sholat, serta mukena yang bersih. 

Sehingga tidak heran jika Masjid Agung Jawa Tengah menjadi destinasi wisata religi yang ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai kota.

Dengan demikian Masjid Agung Jawa Tengah bukan hanya sebuah bangunan megah, tetapi juga simbol dari kekuatan spiritual dan keislaman yang mengalir di bumi Jawa Tengah. 

Semangat pembangunannya yang luar biasa akan terus menjadi cerminan dari keagungan dan keindahan yang terpancar dari masjid ini, menjadikannya sebagai destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang berlibur ke Kota Semarang.

Zakia Maulida Hallo Aku Zakia Maulida

Belum ada Komentar untuk "Intip Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah, Wisata Religi Yang Wajib Kamu Kunjungi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel